Browse By

WORKSHOP PENINGKATAN KUALITAS METODE PEMBELAJARAN DAN FINALISASI RPS OBE PROGRAM STUDI S1 TEKNIK MESIN UNIVERSITAS JEMBER

Kegiatan Peningkatan Kualitas Metode Pembelajaran dan Finalisasi RPS OBE yang dilaksanakan Program Studi S1 Teknik Mesin Unej berlangsung selama tiga hari di Hotel Grand Padis Bondowoso. Acara ini bertujuan untuk memaksimalkan pemahaman dosen-dosen terhadap Kurikulum berbasis OBE termasuk pembuatan RPS, Silabus, dan perangkat pembelajaran yang menyertainya.

Dalam Kegiatan ini, Dr. Salahudin Junus, S.T., M.T. selaku Kepala Prodi S1 Teknik Mesin UNEJ mengundang seluruh dosen Prodi D4 Rekayasa Perancangan Mekanik untuk turut serta dalam kegiatan ini. Tentu saja kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Prodi D4 REkayasa Perancangan Mekanik untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Kurikulum OBE merupakan Pendidikan Berbasis Capaian atau yang biasa disebut sebagai Outcome Based Education (OBE). Kurikulum ini merupakan salah satu syarat untuk meraih akreditasi/sertifikasi internasional.

Asesmen dalam OBE adalah asesmen yang dilakukan pada pembelajaran, mata kuliah dan mata praktikum. Sehingga model OBE ini sangat menyeluruh dan berkelanjutan. Pendekatan OBE memungkinkan untuk melakukan perencanaan, implementasi, evaluasi dan  asesmen. Baik di akhir mata kuliah maupun di akhir mahasiswa lulus. kegiatan ini memiliki Luaran dalam kegiatan ini berupa Perangkat pembelajaran yang sudah mengaplikasi kurikulum OBE.