Browse By

Workshop PKM 25 Mei 2019

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untukterusberkreasi dan mengembangkanpotensilingkunagan di sekitarnyaberbekalpotensi yang ada. Kreativitasakanmenajdikansesorangberbedadari yang lain. Seorangmahasiswa yang kreatifdiaakanstanding fromthe crowd dan menjadi pioneer. UntukmeningkatkankreativitasmahasiswaKemenristekdiktimelaluidirjenBelmawamembukakesempatanhibahkompetisipendanaanmelalui Program KreativitasMahasiswa (PKM).

Selamabelajar di Fakultas Teknik Unej, mahasiswatidakhanyadituntutbaikdalambidangakademik dan lulus denganindeksprestasibagus, namunidealnyamahasiswa juga menunjukkankreativitas yang teruji. Maka workshop PKMdiadakanselamaduahari pada tanggal 210-22 Mei 2019dengantema “Berlatihmenulis PKM menuju PIMNAS 33”. Acara inidigagas oleh Pembina Unit KegiatanMahasiswa (UKM)Einstien, Dr Abdurrahman. Acara inidiilhami oleh sebuahkeprihatinanbahwajumlah proposal PKM yang lolosdidanai oleh DirjenBelmawaKemenristekdiktiutukUniversitasJemberturundrastisdari 25 pada tahun 2018 menjadihanya lima proposal.padatahun 2019.Tragisnyadarikelima proposal tersebutsepertinyatidakadasatu pun proposal darimahasiswaFakultasteknik yang lolos. Dalamsambutannya, penggagas acara iniberpesan “Jangansampaikeluardari acara initanpabertambahilmu. Jangansampaikeluar acara initanpabertambah skill”.

“Sudahmenjaditradisibahwateknikinijuara” begitusambutanIbuDekan, Dr EntinHidayah, dalampembukaan workshop ini. Makadengan workshop inidiharapkanmahasiswaFakultas Teknik akanbangkitdariketerpurukan di bidangini, denganmunculbanyak ide-ide kreatif yang akandiajukannanti di bulanOktober 2019 dan mendapatpendanaan. Dari Rektorat pun sangatmendukungkeberlangsunganprogram inidenganmewajibkansetiapKelompokRiset (KeRis) dosenharusmelibatkanmahasiswauntukpengusulan PKM.

Untukmendapatmanfaat yang terbesardari acara ini, telahdidatangkantiganarasumberutamadan beliauinisemuaadalahanggota Tim Reviewer Proposal PKM tingkatnasional. Merekaadalah (i) Prof YuliWitonodari FTP, (ii) Prof Bambang Wibisono dari FKIP dan (iii) Dr. Hari Purnomo dari FP. Tidakketinggalanakanmengisi acara ini alumnus kontingen PIMNAS 31 Unej, sdr.MalikulFanani. Dalamsesitanyajawab, Dr Hari Purnomo menekankanpentingnyamengikuti format dan mengajukanpendanaansesuai plafond yang disediakan; janganmelebihi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *