Browse By

Seminar Kerja Praktik (KP) D3 Teknik Mesin UNEJ di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi virus Covid-19 telah mulai menyebar pada akhir Desember 2019 hingga berita ini diturunkan jumlah pasien positif terus meningkat . Untuk mencegah semakin meluasnya persebaran virus COVID-19 maka Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan memutuskan untuk melakukan Work From Home (WFH) serta melakukan pembelajaran dan evaluasi penilaian mahasiswa melalui media daring.

Pada tanggal 10 Juli 2020 mahasiswa D3 Teknik Mesin UNEJ atas nama Pandhu Pratama, M Ridho Adhe Mahendra , Dan Ahmad Syaiful melakukan Seminar Kerja Praktik secara daring. Ketiga mahasiswa ini dibimbing oleh dosen Bapak Aris Zainul Muttaqien ,S.T.,MT dalam pelakasanaanya . Dosen penguji ketiga mahasiswa ini adalah Ibu Intan Hardiatama , S.T.MT. Aplikasi Zoom digunakan sebagai fasilitas seminar KP  ini.

Ketiga mahasiswa melakukan KP di PT. SUNTORY GARUDA BAVERAGE SIDOARJO yang pelaksanaanya dilakukan pada 10  juli 2019 – 25 agustus 2019. Mahasiswa banyak mempelajari proses pengolahan minuman kemasan dan jelly di tempat KP. Dimana proses tersebut antara lain:

  1. Proses mixing
  2. Proses cocking.
  3. Proses pasteurisasi.
  4. Proses filling.
  5. Proses sealing.
  6. Proses cuting.
  7. Proses packing.

Selain mempelajari proses pengolahan minuman kemasan yang diproduksi oleh PT. SUNTORY GARUDA BAVERAGE SIDOARJO mahasiswa juga mendapatkan tugas khusus dari pembimbing untuk mempelajari sistem otomasi dan manajemen perawatan di perusahaan tersebut. Sistem otomasi mampu mengefisienkan tenaga kerja dan meningkatkan produktifitas produksi serta meminimalisir cacat produksi. Mesin otomasi diperlukan perawatan berkala agar tetap bekerja sesuai dengan kapasitas yang direncanakan.  Perawatan mesin dan peralatan pada PT. SUNTORY GARUDA BAVERAGE SIDOARJO  menggunakan proses perawatan preventif dan breakdown. Perawatan preventif bertujuan untuk mencegah kerusakan pada mesin yang dilakukan sesuai dengan jadwal pemakaian mesin. Penjadwalan perawatan mesin yang baik merupakan salah satu bentuk pencegahan kerusakan pada mesin. Ruang lingkup perawatan preventif ini termasuk inspeksi, perbaikan kecil, pelumasan dan penyetelan, sehingga peralatan atau mesin-mesin akan terhindar dari kerusakan selama proses operasi. Sedangkan perawatan breakdown dilakukan ketika mesin mengalami  kerusakan. Perawatan mesin di didasarkan pada hourmeter atau lamanya waktu running mesin.

Setiap mahasiswa mendapatkan pengalaman berbeda pada PT. SUNTORY GARUDA BAVERAGE SIDOARJO sesuai tugas khusus yang diberikan oleh pembimbing. Pandhu mendapat tugas khusus untuk mempelajari sistem cara kerja mesin pasteurisasi HTST shell and tube. Ridho Adhe mendapat tugas mempelajari otomasi alat packing  pada  proses packing.  Ahmad syaiful mempelajari proses otomasi conveyor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *