Browse By

PENINGKATAN MUTU LULUSAN DIPLOMA TEKNIK MESIN MENYONGSONG ERA INDUSTRI 4.0

Revolusi industri sekarang ini sudah menuju ke era industri 4.0. pada abad 18 revolusi industri 1.0 manusia mulai mengenal mekanisasi dan mesin uap. Revolusi industri 2.0 pada abad 19-20 berkembang menjadi produksi massal, penggunaan energi listrik, dan sistem asembling. Dengan ditemukannya komputer dan perangkat elektronik lain, mendorong revolusi industri 3.0 untuk berkembang lagi. Tahapan revolusi industri tersebut bukanlah suatu tuntutan terhadap manusia, melainkan sebuah kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.


Pada tahun 2010 Revolusi indistri 4.0 dimulai melalui artifisial intelegensi dan internet sebagai pergerakan dan komunikasi. revolusi ini ditandai dengan super komputer, robot pintar, kendaraan tanpa awak, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia dapat mengoptimalkan fungsi otak.

Dengan adanya Revolusi industri tersebut, maka lulusan diploma teknik mesin diharapkan dapat beradaptasi dalam revolusi industri 4.0. oleh karena itu Diploma Teknik Mesin mengundang Hendro Nurhadi Dipl., Ing., Ph. D. Dosen Departemen Teknik Mesin Industri dari ITS untuk menjadi Pemateri dalam workshop Peningkatan Mutu Lulusan Diploma Teknik Mesin Menyongsong Era Industri 4.0.

Dalam Workshop ini, mahasiswa dikenalkan dengan era industri 4.0 maupun apa yang dihadapi dalam era industri 4.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *